Thursday, July 17, 2008

Rambut rontok pada ibu menyusui

Pernah dengar orang-orang dulu bilang 'kalo anaknya ileran, pasti rambut ibunya bakalan rontok'? gw pernah, dan itu kejadian ma gw sekarang ini, kurang lebih sejak Radit 4 bulan. Rambut gw rontok banyak banget, mpe mikir bakalan botak kpala gw. Tapi gw gak percaya penyebabnya anak gw ileran dong....So, gw cari dalil ilmiahnya. Dapat deh...

Dr. Miriam Stoppard dalam buku 'Kehamilan dan Persalinan' mengatakan bahwa kehamilan dapat menimbulkan efek dramatis dan tak terduga pada rambut. Rambut keriting menjadi lurus, atau sebaliknya. Rambut beberapa wanita menjadi indah atau kusam bahkan berminyak.
Rambut juga bisa menjadi lebih lebat karena 90% dari rambut kepala Calon Ibu tumbuh secara bersamaan (biasanya 10% tumbuh, 90% istirahat). Karena itu, ketika hamil rambut menjadi lebih lebat dan lebih kuat, meskipun ini tidak terjadi pada semua wanita.
Sesaat setelah melahirkan, rambut yang seharusnya rontok, namun tidak rontok selama hamil, akan rontok dalam jumlah besar untuk memberi tempat kepada rambut yang baru. Kerontokan ini dapat berlangsung selama 18 bulan (wuih...lama amat). Jangan kuatir, tidak ada wanita yang menjadi botak karena hamil

Kejawab deh..lega aja pas dengarnya,jadi sekarang pas nyisir rambut, santai aja banyak rontokannya. Lagian kata tetangga, bayi ngiler karena dia mulai tumbuh indera perasanya, sehingga berasa gatal.

Jadi ngiler juga bukan karena ibunya ngidam sesuatu kan? :P

No comments:

Post a Comment