Tuesday, July 1, 2008

Inisiasi Dini

Sekilas tentang inisiasi dini pada bayi. ASI merupakan makanan utama bagi bayi.. Saat lahir Ibu akan memproduksi susu berupa kolesterum (cairan berwarna kuning). Kolesterum ini konon sangat berguna bagi kekebalan tubuh bayi.
Pada pengalaman saat anakku lahir, dia diletakkan di dada istriku dan adegan iklan inisiasi dini yang di TV terjadi (bayi bergerak seakan mematuk dada ibunya untuk mencari puting susu). Sebelum anakku dapat puting susunya, lalu suster langsung membawa anakku keluar ruangan untuk dibersihkan. Akibatnya anakku menangis sekeras-kerasnya, padahal begitu lahir, dia tidak menangis.

Seharusnya dalam inisiasi dini harus membiarkan bayi yang baru lahir mencari sendiri puting susu ibunya. Bayi diletakkan di dada ibunya, dan secara naluri dia akan merangkak untuk menyusu dari payudara ibunya. Jadi, setelah keluar dari rahim, sang bayi hanya dilap supaya kering. Saat dipotong tali pusarnya, si bayi hendaknya tidak dipisahkan dari ibunya. Perilaku menyusu bayi sangat berbeda apabila dia dipisahkan dari ibunya setelah dilahirkan. Inisiasi menyusu punya efek yang luar biasa bagi bayi. Selain memperkuat hubungan ibu-anak, menyusu dini bisa memperkecil risiko kematian bayi baru lahir.
Jadi saranku kalau bisa inisiasi dini harus sebisa mungkin dilakukan oleh setiap ibu agar anak lebih sehat.

No comments:

Post a Comment